Notelp +6285255604134

Yudisium dan angkat sumpah Perawat dan Bidan Institut Kesehatan dan Bisnis St. Fatimah Mamuju Luluskan 188 Mahasiswa Periode 2022/2023

23 Desember 2023
Admin

Yudisium dan angkat sumpah Perawat dan Bidan Institut Kesehatan dan Bisnis St. Fatimah Mamuju Luluskan 188 Mahasiswa Periode 2022/2023

 

Sebanyak 188 Mahasiswa Institut Kesehatan dan Bisnis St. Fatimah Mamuju resmi dinyatakan lulus dalam agenda Yudisium dan pengambilan Sumpah Perawat dan Bidan program Diploma, Sarjana dan Profesi periode semester genap tahun akademik 2022/2023. Mengusung tema Kesehatan Unggul : Misi dan Dedikasi Lulusan Menuju Era Indonesia Emas Tahun 2045, Yudisium digelar di Gedung Graha Sandeq, Sabtu (23/12/2023).

Agenda tersebut dihadiri Oleh Ketua Yayasan Pendidikan Nurul Fhadilah Mamuju Hj. Salmah Y Andi Ara Arif, Wakil Rektor I Iksan Ibrahim, S.Kep.Ns.M.Kep. SP., KMB, Dekan Fakultas Kesehatan dan Bisnis Ns. Ayu Sri Wahyuni, S.Kep.M.Kes, Ketua PD IBI Sulawesi Barat Bd. Hj Nadirah, S.ST, Sekertaris PPNI Sulawesi Barat Kasminawati, S.Kep., M.Kep  serta sivitas akademika Institut Kesehatan dan Bisnis St. Fatimah Mamuju.

Wakil Rektor I meluluskan mahasiswa dari program Studi DIII Kebidanan Sebanyak 35 Orang, DIII Keperawatan 12 Orang,  S1 Keperawatan 42 Orang dan Profesi Ners Sebanyak 99 Orang

Ketua PD IBI Bd. Hj Nadirah, S.ST dalam sambutannya dalam kesempatan yang berbahagia ini kami selaku Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia Provinsi Sulawesi Barat mengucapkan  selamat dan Sukses kepada seluruh lulusan yang sudah Yudisium dan ucap janji atau bersumpah.

Kegiatan Ucap Janji merupakan rangkaian kegiatan wajib yang sangat di butuhkan dalam roda Pendidikan Kebidanan, sebagai proses awal bagi para lulusan dan sebagai syarat utama sebelum melaksanakan tugas Praktik yakni tentunya kita sebagai Bidan nanti kita akan berpraktik di Puskesmas, Rumah Sakit, Kilik Swasta maupun di Klinik Pemerintah.

Dengan ucap janji yang di harapkan kepada adek-adekku atau anak-anakku ini harus kita mampu melaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab menguatkan tekad dan semangat untuk terus belajar. Jadi jangan hanya sampai DIII saja atau A.Md.Kep yah kalau bisa lanjut S1 Kebidanan dan Profesi dan alhamdulillah Institut Kesehatan St. Fatimah Mamuju sudah memiliki izin Program Sarjana dan Profesi Bidan tandasnya.

Sementara Sekertaris Persatuan Perawat Indonesia Sulawesi Barat Ns. Kasminawati, S.Kep.Ns.M.Kep mengatakan sebelum mengawali sambutan kami ingin menyampaikan permohonan maaf oleh Ketua PW PPNI Sulawesi Barat karna seyogyanya beliaulah yang melakukan prosesi angkat sumpah hari ini, namun karna sesuatu dan lain hal sehingga beliau tidak sempat membersamai kita sehingga di amanahkan ke kami meskipun demikian semoga tidak mengurangi hikmat acara pada pagi hari ini.

Selanjutnya kami mengucapkan selamat kepada para lulusan Prodi DIII Keperawatan Prodi profesi Ners dan juga Prodi DIII Kebidanan Institut Kesehatan dan Bisnis St. Fatimah Mamuju semoga dengan selesainya Pendidikan di Jenjang masing-masing akan semakin menambah Kompetensi dan keahlian dalam berkarya di tengah-tengah masyarakat.

Sumpah Profesi yang baru saja saudara-saudari ikrarkan menandakan wujud komitmen yang tulus dan ikhlas kepada diri sendiri serta kepada Tuhan yang Maha Esa untuk menjunjung etika Profesi nah semoga dengan di ucapkannya sumpah tersebut semakin meneguhkan dedikasi saudara-saudari untuk berkiprah di bidang Kesehatan khususnya di Bidang Keperawatan dan semoga para Yudusium dapat ikut andil dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan bangsa.

Melalui kesempatan ini saya juga berpesan pada segenap Lulusan untuk mempersembahkan pengabdian terbaiknya dan tetap menerapkan bahwa taka da perbuatan yang sia-sia sekecil apapun perbuatan itu semuanya pasti akan di perhitungkan, bukanlah nikmat bilah banyak hanya memandang dari segi materi melainkan semuua hal yang membuat kita dapat menjalankan suatu perbuatan baik merupakan suatu nikmat yang sangat besar yang kelak akan kita syukuri sehingga meranjaklah dengan ikhlas agar hidup kita berkah kedepan.

Sekali lagi kami berharap dengan diambilnya sumpah sebagai seorang perawat akan menjadi pintu gerbang  pengabdian saudara-saudari bagi profesi maupun masyarakat, tutupnya.