Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan akselerasi yang belum
pernah dibayangkan dari era revolusi industri 4.0, diikuti dengan disruption era,
tuntutan keterampilan yang harus dikuasai di abad XXI, Asean Economy Community,
dan perubahan struktur ketenagakerjaan yang sangat cepat memberi dampak langsung
bagi penyiapan sumber daya manusia di masa yang akan depan. Dalam konteks
penyiapan sumber daya manusia, peningkatan kompetenssi saat ini dirasa tidak
mencukupi lagi. Ini menuntut diperlukan adalah penyiapan “kompetensi baru” yang
berbeda dari kompetensi sebelumnya.
Revolusi industri 4.0 akan membawa dampak yang luar biasa di berbagai aspek
kehidupan. Di era revolusi industry, semua mesin dihubungkan dengan
perangkat lain, bertumpu pada cyber physical system yang akan mengubah secara
drastis cara manusia berkehidupan, bekerja, dan berkomunikasi. Berbagai novasi
dihasilkan untuk membuat kehidupan lebih nyaman tidak terbatas dan tantangan yang
harus dipecahkan juga sangat kompleks. Pekerjaan yang walnya hanya dilakukan
secara manual dengan mengandalkan tenaga manusia telah digantikan oleh mesin dan
teknologi informasi. Jenis pekerjaan yang sekarang ada perlahan akan hilang pada 10
tahun ke depan. Oleh karenanya inovasi dan akselerasi merupakan kata kunci untuk
hidup di era sekarang ini di mana berbagai rumusan menyatakan skills yang diperlukan
di abad 21 termasuk di dalamnya dalam pembelajaran yang disebut dengan
pembelajaran abad 21.
Pedoman Pelaksanaan Kurikulum IKBSFM disusun sebagai acuan dalam
implementasi kurikulum dalam aspek merencanakan, melaksanakan menilai, dan
melakukan tindak lanjut hasil penilaian pembelajaran yang dipadukan dengan
pemenuhan standar nasional pendidikan tinggi.
Selengkapnya bisa di donwlood lewat link di bawah ini :
/foto_berita/files/PEDOMAN-PELAKSANAAN-KURIKULUM%20IKBSFM%20ok.pdf
/foto_berita/files/PEDOMAN-PELAKSANAAN-KURIKULUM%20IKBSFM%20ok.pdf